TRAINING ONLINE GOOD CORPORATE GOVERNANCE (GCG) IMPLEMENTATION
TRAINING WEBINAR GOOD CORPORATE GOVERNANCE
TRAINING PENERAPAN GCG DI PERUSAHAAN UNTUK PRAKERJA
PENDAHULUAN
Indonesia terlambat dalam memahami dan implimentasi Good Corporate
Governance (GCG). Konsep GCG diperkenalkan oleh International Monetary
Fund (IMF) dalam rangka pemulihan ekonomi pasca krisis moneter tahun
1998. Pada tahun 2001 Komite Nasional Indonesia untuk Kebijakan Tata
Kelola Perusahaan yang Baik, mengeluarkan panduan dan arahan bagi
perusahaan bisnis Indonesia yang antara lain berkaitan dengan:
Pemegang Saham; Fungsi Dewan Komisaris; Fungsi Direksi; Sistem Audit;
Sekretaris Perusahaan; Stakeholders; Prinsip Transparansi; Prinsip
Kerahasiaan; Etika Bisnis; Perlindungan Lingkungan Hidup. pelatihan good corporate governance online
Dengan usaha dan kemauan mantap, Indonesia berusaha mempraktekan
konsep GCG dan dapat dikatakan sebagian besar telah berhasil melalui
Gerakan Moral Bersih, Transparansi dan Profesionalism yang merupakan
perwujudtan dari Revolusi Mental, sehingga banyak perusahaan BUMN dan
beberapa perusahaan nasional besar dan lembaga/organisasi lainnya
telah berhasil dalam implementasi GCG. pelatihan penerapan gcg di perusahaan online
POKOK BAHASAN
Implementasi konsep GCG menyagkut pengembangan 2 (dua)
aspek: hardware dan software. Aspek pertama merupakan teknis
pembentukan atau perubahan struktur sistem organisasi; sedang aspek
kedua mencakup perubahan paradigma: visi, misi, nilai-nilai etika; dan
sikap (attitudes and behavioral conducts). Di dunia bisnis lebih mudah
dan memang merasa perlu untuk mengikuti dan memperbaharui penyusunan
system dan prosedur serta pembentukan sistem organisasi menurut
kebutuhan perkembangan dunia usaha. pelatihan pengenalan gcg online
Untuk perubahan software skills & behavioral conducts,peran penting
adalah di pucuk pimpinan dan leadership. Pucuk pimpinan akan
menularkan tindakan manajemen, dan kemampuan manajemen yang harus
dapat mengelola keteraturan dan kelancaran proses organisasi serta
ketaatan anggota perusahaan terhadap kebijakan dan sistem yang
dirancang untuk melaksanakan prinsip GCG.
Indonesia boleh bangga bahwa yang melopori dan tetap memajukan GCG
adalah beberapa perusahaan BUMN, berkat ketentuan dan arahan
Kementerian BUMN dan pengembangan serta pemahaman pucuk pimpinan
beberapa BUMN. Dalam Penjelasan UU No. 19 tahun 2003 disebutkan Tujuan
GCG yang meliputi: Memaksimalkan Nilai BUMN dengan cara meningkatkan
prinsip keterbukaan; Mendorong Pengelolaan BUMN secara Profesional;
Mendorong agar organisasi dalam membuat keputusan dan menjalankan
tindakan dilandasi Nilai Moral dan Kepatuhan; Meningkatkan Kontribusi
BUMN; Meningkatkan Iklim Investasi dan Mesukseskan Program
Privatisasi.
Menjadi contoh nyata juga Pasar Modal mengajarkan dan mengharuskan
Korporasi Terbuka (Go Public) menjalankan GCG. Dalam implimentasi GCG
bagi perusahaan Tbk tentu harus menguasai Manajemen Risiko,
Pengelolaan Informasi Teknologi, Pemahaman Regulasi Audit dan Praktek
Audit yang Transparan dan Benar.
Contoh keberhasilan menerapkan GCG oleh perusahaan BUMN dan korporasi
Tbk yang masuk pasar modal yang nyata-nyata memberi manfaat “lebih” ;
haruslah dapat diikuti oleh perusahaan lain baik menengah maupun yang
sedang merintis usaha baru.
Tidak kalah penting dalam implementasi GCG adalah pemahaman Ilmu
Komunikasi yang antara lain berupa penyampaian Informasi dan
Komunikasi. Informasi bisnis, ekonomi dan politik harus difahami dan
dikomunikasikan dalam bentuk dan kerangka waktu yang tepat agar
manajemen memungkinkan melaksanakan tanggung jawabnya dengan baik. Hal
yang perlu diperhatikan: mengikuti dan mendapat informasi eksternal
dan internal yang penting sehubungan dengan bisnis perusahaan.
Menyediakan informasi yang tepat bagi institusi/mereka yang harus
diinformasikan. Informasi yang disampaikan terperinci dan tepat waktu
dapat memberdayakan dalam melaksanakan tanggung jawab secara efektif
dan efisien.
Komunikasi yang efektif harus terjadi dalam pengertian : mengalir
kebawah, melintas dan naik ke atas dalam suatu organisasi. Memahami
pentingnya komunikasi demikian mrempermudah untuk pelaporan terjadinya
ketidakwajaranyang diduga terjadi, semisal kecurangan: fraud. Dengan
sistem komunikasi yang baik dapat dipastikan efektifitas
keterbukaan: tranperancy.
Tentu ada juga hambatan implementasi Tata Kelola Perusahaan yang Baik
(GCG) dan kemungkinan terjadi kegagalan. Kegagalan dapat
diindentifikasi dan diperbaiki antara lain: karena terjadinya
pengendalian internal yang tidak dihiraukan; karena pengendalian rumit
atau terlalu kompleks; karena informasi dan komunikasi tidak berjalan
(jelek); karena seringnya terjadi perubahan/modifikasi; dan karena
terjadi kebosanan ataupun penolakan.
TOPIK PELATIHAN (TRAINING OUT-LINE)
* GCG di Indonesia: Peluang dan Tantangan
* Konsep dan Tujuan GCG
* Prinsip-prinsip GCG: Transparansi, Akuntabilitas, Responsibilitas,
Independensi dan Kemitraan
* Studi kasus BUMN yang sukses melaksanakan GCG
* Hardware: Struktur Organisasi, Direksi dan Komisaris, Komite
Audit, Sekretaris Perusahaan.
* Software: Vision, Mission & Values;corporate ethics; attitudes and
behavioral conducts; corporate responsibility & sustainable
company.
* Sistem Pengendalian Internal
* Studi kasus GCG di Perbankan
* Pelaporan Keuangan dan Persaingan Usaha
* Tender secara Elektronik
* Selintas Manajemen Risiko
* Tanggung Jawab Sosial, Budaya, Moral dan Etika Perusahaan
METODOLOGI PELATIHAN
* Bahasan Makalah Ilmiah dan Presentasi Power Point
* Presentasi Video Studi Kasus Perusahaan yang sukses melaksanakan
GCG
* Interaktif: Diskusi dan pembahasan Problem Solving
* Bahasan per kelompok dan presentasi dari Brain Storming Sessions
* Result Oriented
YANG PERLU MENGIKUTI
* Direksi, Pucuk Pimpinan, Company Secretary
* Manajemen Level 1 dan 2
* Manajemen Pelaksana dan Supervisors Level
Jadwal Pelatihan ruang-training.co.id tahun 2024 :
Batch 1 : 16 – 17 Januari 2024
Batch 2 : 8 – 9 Februari 2023
Batch 3 : 18 – 19 Maret 2024
Batch 4 : 17 – 18 April 2024
Batch 5 : 13 – 14 Mei 2024
Batch 6 : 4 – 5 Juni 2024
Batch 7 : 17 – 18 Juli 2024
Batch 8 : 5 – 6 Agustus 2024
Batch 9 : 11 – 12 September 2024
Batch 10 : 8 – 9 Oktober 2024
Batch 11 : 19 – 20 November 2024
Batch 12 : 10 – 11 Desember 2024
Jadwal tersebut dapat disesuaikan dengan kebutuhan calon peserta
Lokasi Pelatihan Tahun 2021 :
Yogyakarta, Hotel Dafam Seturan(7.300.000 IDR / participant)
Jakarta, Hotel Amaris Tendean (7.900.000 IDR / participant)
Bandung, Hotel Golden Flower (7.800.000 IDR / participant)
Bali, Hotel Ibis Kuta (8.500.000 IDR / participant)
Lombok, Hotel Jayakarta (8.750.000 IDR / participant)
Catatan :
- Waktu pelatihan Dua+1* hari dengan Biaya tersedia untuk Perorangan, Group, dan Inhouse Training, belum termasuk akomodasi/penginapan.
- Untuk biaya dan jadwal training harap menghubungi marketing kembali
Investasi training:
Investasi pelatihan selama dua hari tersebut menyesuaikan dengan jumlah peserta (on call). *Please feel free to contact us.
Apabila perusahaan membutuhkan paket in house training, anggaran investasi pelatihan dapat menyesuaikan dengan anggaran perusahaan.
Fasilitas training:
Free Penjemputan dari bandara ke hotel*.
Modul / Handout.
Flashdisk*.
Certificate of attendance.
FREE Bag or bagpacker.